Sebutkan Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik?

 on Tuesday, September 1, 2015  

 Sebutkan Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik?
Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik Bentuk partisipasi generasi muda dalam budaya politik di lingkungan bangsa dan negara dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan berikut
  1.  Menjadi anggota aktif dalam partai politik
  2. ) Menyaksikan atau mengikuti debat politik antarelite politik melalui berbagai media
  3. ) Mengikuti kampanye pemilihan umum.
  4. ) Ikut aksi unjuk rasa dengan damai
  5. ) Memberikan suara dalam pemilihan umum untuk memilih bupati/wali kota, anggota DPRD, DPR RI, dan presiden.

Sudah sejak kapankah budaya  Demokrasi itu ada?

Budaya demokrasi sudah ada sejak zaman Yunani Kuno sekitar tahun 500 SM. Pada waktu itu budaya demokrasi telah dipraktikkan di kota-kota (polis) di Yunani Kuno. Pada zaman Yunani Kuno, demokrasi dipraktikkan secara langsung, artinya rakyat menjalankan hak-hak politiknya secara langsung.

Jelaskan kenapa  Kebebasan dan persamaan adalah fondasi demokrasi?

Kebebasan dan persamaan adalah fondasi demokrasi. Kebebasan dianggap sebagai sarana mencapai kemajuan dengan memberikan hasil maksimal dari usaha orang tanpa adanya pembatasan dari penguasa. Jadi, bagian tidak terpisahkan dari ide kebebasan adalah pembatasan kekuasaan-kekuasaan penguasa politik. Demokrasi  merupakan sistem politik yang melindungi kebebasan warganya sekaligus memberi tugas kepada pemerintah untuk menjamin kebebasan tersebut.

Apa arti dari  Prinsip supremasi hukum?

Prinsip supremasi hukum adalah semua masalah diselesaikan dengan hukum sebagai pedoman tertinggi. Dalam perspektif supremasi hukum (supremacy of law), pada hakikatnya pemimpin tertinggi negara yang sesungguhnya bukan manusia, melainkan konstitusi yang mencerminkan hukum yang tertinggi. Oleh karena itu, penguasa maupun warga negara harus mengedepankan hukum. Artinya, penguasa dan rakyat harus bertindak sesuai dengan aturan hukum yang ada.
Sebutkan Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik? 4.5 5 k Tuesday, September 1, 2015  Sebutkan Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik? Contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam bud...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.