Apa arti dari Sosialisasi politik?

 on Tuesday, September 1, 2015  

Apa arti dari  Sosialisasi politik?

Sosialisasi politik dapat diartikan sebagai upaya pemasyarakatan politik agar dikenal, dipahami, dan dihayati oleh masyarakat. Usaha sosialisasi politik berkaitan erat dengan usaha partai politik untuk menguasai pemerintahan melalui kemenangan dalam pemilihan umum. Dalam usaha menguasai pemerintahan, partai politik harus memperoleh dukungan seluas mungkin. Oleh karena itu, partai politik berusaha menciptakan ”image” kepada masyarakat luas bahwa ia memperjuangkan kepentingan umum. Itulah upaya sosialisasi politik yang dapat dilakukan oleh partai politik.

Apa Bentuk sosialisasi politik lain yang dapat dilakukan oleh partai politik?

Bentuk sosialisasi politik lain yang dapat dilakukan oleh partai politik seperti berikut. Partai politik berusaha mendidik anggota-anggotanya menjadi manusia yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai warga negara dan menempatkan kepentingan diri sendiri di bawah kepentingan nasional. Selain itu, partai politik juga berupaya memupuk identitas nasional dan integrasi nasional.

Apa maksud dari  Fungsi partai politik sebagai sarana artikulasi politik?

Fungsi partai politik sebagai sarana artikulasi politik maksudnya adalah partai politik bertugas menyatakan kepentingan warga masyarakat kepada pemerintah dan badan-badan politik yang lebih tinggi. Contoh bentuk artikulasi kepentingan yang dilakukan oleh partai politik adalah pengajuan permohonan secara individual kepada anggota dewan kota, parlemen, pejabat pemerintahan, atau dalam masyarakat tradisional kepada kepala desa atau kepala suku.

Apa alasan  digunakan untuk membatasi partisipasi politik?

Banyak alasan yang digunakan untuk membatasi partisipasi politik. Beberapa alasan yang umumnya digunakan sebagai berikut. Pertama, dianggap bahwa akibat-akibat yang timbul dari keinginan untuk berpartisipasi tersebut hanya akan mengacaukan integritas nasional. Kedua, dianggap bahwa akibatakibat keinginan berpartisipasi bisa mendatangkan suatu kerusuhankerusuhan dalam negara.
Apa arti dari Sosialisasi politik? 4.5 5 kang rohmat Tuesday, September 1, 2015 Apa arti dari  Sosialisasi politik? Sosialisasi politik dapat diartikan sebagai upaya pemasyarakatan politik agar dikenal, dipahami, dan d...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.