Apa pengertian Demokrasi perwakilan?

 on Tuesday, September 1, 2015  

Apa pengertian  Demokrasi perwakilan?

Demokrasi perwakilan adalah suatu sistem demokrasi dalam menyalurkan aspirasi rakyat melalui wakil-wakilnya yang ada dalam DPR. Dalam hal ini rakyat tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan keputusan politik, tetapi didelegasikan atau dilimpahkan kekuasaannya kepada orang-orang yang dipilihnya melalui pemilu yang bebas, jujur, dan adil

 Apa yang dimaksud dengan Referendum fakultatif?

Referendum fakultatif disebut juga sebagai referendum tidak wajib karena referendum dilaksanakan hanya jika ada yang tidak setuju atas berlakunya suatu undang-undang. Dalam hal ini badan legislatif sudah membuat undang-undang.

Berapa kali  pergantian presiden Pada era reformasi?

Pada era reformasi telah terjadi pergantian presiden sampai empat kali mulai Presiden Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, sampai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam setiap pemerintahannya, terdapat ciri pelaksanaan demokrasi yang berbeda-beda. Bagaimanakah pelaksanaan demokrasi masa pemerintahan Presiden Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono?

Jelaskan  pengertian Konsep awal demokrasi terpimpin?

Konsep awal demokrasi terpimpin adalah demokrasi yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Akan tetapi, oleh Presiden Soekarno konsep demokrasi terpimpin ditafsirkan lain, yaitu terpimpin oleh Presiden Soekarno sendiri. Oleh karena itu, muncul atribut ”Pemimpin Besar Revolusi” bagi Presiden Soekarno. Dengan demikian, demokrasi terpimpin oleh Soekarno ditafsirkan sebagai demokrasi yang dipimpin oleh Presiden Soekarno selaku pemimpin besar revolusi.

Apa langkah awal  yang dilakukan pemerintah Indonesia pada tahap transisi demokrasi?

Langkah awal yang dilakukan pemerintah Indonesia pada tahap transisi demokrasi ini adalah melakukan reformasi konstitusi melalui amendemen UUD 1945. Para pengusul amendemen mengatakan bahwa Indonesia tidak akan demokratis selama masih menggunakan UUD 1945, karena UUD 1945 tersebut memuat kelemahan-kelemahan yang menjadi pendorong munculnya pemerintahan otoriter.

Pada tahun berapa  Amendemen UUD 1945 untuk pertama kalinya dilakukan oleh MPR?

Amendemen UUD 1945 untuk pertama kalinya dilakukan oleh MPR dalam kurun waktu 1999–2002 dan menghasilkan empat perubahan. Dengan berhasil diamendemennya UUD 1945 diharapkan dapat terwujud pemerintahan yang demokratis.
Apa pengertian Demokrasi perwakilan? 4.5 5 kang rohmat Tuesday, September 1, 2015 Apa pengertian  Demokrasi perwakilan? Demokrasi perwakilan adalah suatu sistem demokrasi dalam menyalurkan aspirasi rakyat melalui wakil-w...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.