Apa makna dari sikap terbuka ?

 on Tuesday, September 1, 2015  

Apa makna dari sikap terbuka ?

Sikap terbuka berarti kesediaan untuk menerima hal-hal yang berbeda dengan kondisi dirinya. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sikap terbuka diperlukan terutama dalam hal menjaga   vkeutuhan bangsa, mempererat hubungan toleransi, serta untuk menghindari konflik. Dengan bersikap terbuka, setiap orang mau mengakui dan menerima keberagaman sehingga melahirkan sikap toleran terhadap orang lain.

Apa sikap penting lain  Selain keterbukaan dalam hidup berbangsa dan bernegara?

Selain keterbukaan dalam hidup berbangsa dan bernegara, tidak kalah pentingnya adalah menciptakan keadilan. Persatuan bangsa dan keutuhan negara hanya akan terwujud jika terdapat keadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Keadilan merupakan unsur yang sangat esensial dalam kehidupan manusia. Semua orang berharap mendapatkan jaminan dan rasa keadilan. Dalam kehidupan sekarang, musuh terbesar bangsa adalah ketidakadilan. Ketidakadilan dapat menciptakan kecemburuan, kesenjangan, pertentangan dan disintegrasi bangsa. Jika kita amati lebih jauh keadaan negara kita ini, pertentangan sering bersumber dariketidakadilan.

 Apa ciri Suatu pemerintahan dikatakan transparan?

Suatu pemerintahan dikatakan transparan jika dalam penyelenggaraan pemerintahan terdapat kebebasan aliran informasi dalam berbagai proses kelembagaan. Berbagai informasi telah disediakan secara memadai dan mudah dimengerti sehingga dapat digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi. Pemerintahan yang tidak transparan, cepat atau lambat cenderung akan menuju pada pemerintahan yang korup, otoriter, atau diktator.

Apa faktor  penyebab penyelenggaraan pemerintahan yang tidak  transparan?

Banyak faktor penyebab penyelenggaraan pemerintahan yang tidak  transparan adalah. Faktor sistem politik yang bersifat tertutup merupakan salah satu faktor utama. Sistem politik yang tertutup tidak memungkinkan partisipasi warga negara dalam mengambil peran terhadap kebijakanpublik yang dibuat pemerintah. Faktor lainnya adalah sumber dayamanusianya yang bersifat feodal, oportunis, dan penerapan aji mumpung.

Apa akibat  secara langsung dari penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan?

Akibat yang secara langsung dari penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan adalah terjadinya korupsi politik, yaitu penyalahgunaan jabatan publik untuk keuntungan pribadi atau kelompok. Pada masa Orde Baru korupsi politik hampir terjadi di semua tingkatan pemerinah, mulai dari pemerintahan desa sampai tingkat pusat.  Negara kita saat itu termasuk salah satu negara terkorup di dunia. Korupsi politik itu membawa akibat lanjutan yang luar biasa, yaitu krisis multidimensi di berbagai bidang kehidupan
Apa makna dari sikap terbuka ? 4.5 5 kang rohmat Tuesday, September 1, 2015 Apa makna dari sikap terbuka ? Sikap terbuka berarti kesediaan untuk menerima hal-hal yang berbeda dengan kondisi dirinya. Dalam kehidupan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.