Jelaskan tentang Panel Khusus dan Spesial Pidana Internasional serta sebutkan Contoh sebab-sebab timbulnya sengketa internasional dalam hubungannya dengan masalah politis dan batas wilayah?

 on Thursday, July 9, 2015  

Panel Khusus dan Spesial Pidana Internasional
Panel khusus pidana internasional disingkat PKPI. Adapun panel spesial pidana internasional disingkat PSPI. PKPI dan PSPI adalah lembaga peradilan internasional yang berwenang mengadili para tersangka kejahatan berat internasional yang bersifat tidak permanen. Artinya, selesai mengadili peradilan ini dibubarkan. PKPI dan PSPI mempunyai perbedaan yang terletak pada komposisi penuntut dan hakim ad hoc-nya. Pada PSPI komposisi penuntut dan hakim ad hocnya merupakan gabungan antara peradilan nasional dan internasional. Pada PKPI komposisi sepenuhnya ditentukan berdasarkan ketentuan peradilan internasional. Itulah unsur-unsur atau komponen-komponen lembaga peradilan internasional yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu kesatuan dalam rangka mencapai keadilan internasional.

Contoh sebab-sebab timbulnya sengketa internasional dalam hubungannya dengan masalah politis dan batas wilayah sebagai berikut.
a. Segi Politis, Adanya Pakta Pertahanan atau Pakta Perdamaian Pasca Perang Dunia II muncul dua blok kekuatan besar, yaitu Blok Barat (NATO) di bawah pimpinan AS dan Blok Timur (Pakta Warsawa) di bawah pimpinan Uni Soviet. Keduanya saling berebut pengaruh di bidang ideologi dan ekonomi serta berlomba memperkuat persenjataan. Akibatnya, terjadi konflik di berbagai negara, misalnya krisis Kuba, Perang Korea hingga muncul Korea Utara yang didukung Blok Timur dan Korea Selatan yang didukung Blok Barat, Perang Kamboja, dan Perang Vietnam.

b. Segi Batas Wilayah
Antarnegara kadang terjadi ketidakpastian mengenai batas wilayah masing-masing. Kasus semacam ini dapat kita lihat pada ketidakjelasan batas laut teritorial antara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sipadan dan Ligitan (di Kalimantan), dan perbatasan di Kashmir yang hingga kini masih diperdebatkan antara India dengan Pakistan.
Jelaskan tentang Panel Khusus dan Spesial Pidana Internasional serta sebutkan Contoh sebab-sebab timbulnya sengketa internasional dalam hubungannya dengan masalah politis dan batas wilayah? 4.5 5 kang rohmat Thursday, July 9, 2015 Panel Khusus dan Spesial Pidana Internasional Panel khusus pidana internasional disingkat PKPI. Adapun panel spesial pidana internasional di...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.