Sebutkan contoh Asas proporsionalitas dan asas manfaat?

 on Thursday, May 28, 2015  

Asas proporsionalitas
Asas proporsionalitas adalah asas yang meletakkan segala kegiatan sesuai dengan konteks dan tujuan kegiatan tersebut, baik yang dilakukan oleh warga negara, institusi, maupun aparatur pemerintah, yang dilandasi oleh etika individual, etika sosial, dan etika institusional.

Contoh:
Adalah proporsional jika kepala negara dan wakil kepala negara memperoleh pengawalan pada saat kampanye sebab fasilitas pengawalan bagi kepala negara dan wakil kepala negara melekat pada dirinya. Akan tetapi, jika pada saat kampanye itu menggunakan kendaraan dinas, hal itu sudah tidak proporsional lagi.

Asas manfaat
Kegiatan penyampaian pendapat di muka umum itu harus mendatangkan kemaslahatan dan bermanfaat bagi kepentingan umum. Misalnya apabila satu kebijakan Pemerintah keliru, seseorang atau sekelompok orang menyampaikan pendapatnya di muka umum agar diketahui secara luas. Jika khalayak memandang suatu kebijakan itu keliru, diharapkan pemerintah akan melakukan peninjauan dan bahkan perbaikan.

Contoh:
Pada mulanya penyelesaian masalah Aceh dilakukan dengan kekuatan senjata. Namun karena menimbulkan banyak korban, maka masyrakat memberikan pendapatnya bahwa konflik bisa diselesaikan dengan perundingan. Maka pemerintahpun duduk bersama pihak-pihak yang bertikai untuk mencari penyelesaian yang damai.
Sebutkan contoh Asas proporsionalitas dan asas manfaat? 4.5 5 kang rohmat Thursday, May 28, 2015 Asas proporsionalitas Asas proporsionalitas adalah asas yang meletakkan segala kegiatan sesuai dengan konteks dan tujuan kegiatan tersebut, ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.