Sebutkan Faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM dan contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia?

 on Tuesday, April 28, 2015  

Faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM
Pelanggaran hak asasi manusia sering terjadi di Indonesia, walaupun sudah dijamin secara konstitusional dan telah dibentuknya lembaga penegakan hak asasi manusia. Hal ini disebabkan adanya beberapa faktor. Faktor-faktor penyebabnya antara lain:
a. Masih belum adanya kesepahaman pada tataran konsep hak asasi manusia antara universalisme 
    dan partikularisme.
b. Adanya dikotomi antara individualisme dan kolektivisme.
c. Kurang berfungsinya lembaga-lembaga penegakan hukum (polisi, jaksa, dan pengadilan).
d. Pemahaman belum merata baik di kalangan sipil maupunmiliter.

Beberapa pelanggaran HAM yang lain yang dituntut oleh masyarakat untuk diselesaikan melalui Pengadilan HAM antara lain Kasus Trisakti (12 Mei 1998) yang menewaskan 4 mahasiswa dan Kasus Pasca Jajak Pendapat di Timor Timur yang ditandai dengan praktek bumi hangus, pembunuhan massal di Gereja Suai, pembunuhan di Los Palos, Maliana, Liquisa dan Dili. Kasus Pasca Jajak Pendapat di Timor Timor telah disidangkan lewatPengadilan HAM ad. hoc.

kasus Universitas Muslim Indonesia (UMI), Ujung
Pandang, 26 April 1996. Awal dari kerusuhan tersebut bermula pada aksi unjuk rasa mahasiswa UMI terhadap kenaikan tarif angkutan kota (Pete-Pete) yang memberatkan kalangan pelajar dan mahasiswa yang dikenai aturan lebih dari yang ditetapkan oleh Menteri Perhubungan sebesar Rp 100,00. Namun sayangnya, aparat keamanan bersikap berlebihan dan represif dalam meng-hadapi pengunjuk rasa tersebut sehingga pecah insiden berdarah yang menimbulkan korban jiwa di pihak mahasiswa dengan cara menyerbu kampus UMI dan menembak dengan peluru tajam sehingga jatuh korban (Saurip Kadi, 2000: 27).
Sebutkan Faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM dan contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia? 4.5 5 k Tuesday, April 28, 2015 Faktor-faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM Pelanggaran hak asasi manusia sering terjadi di Indonesia, walaupun sudah dijamin secar...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.