Bagaimana Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945?

 on Sunday, August 23, 2015  

Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945
Mengamalkan Pancasila dalam hidup sehari-hari artinya kita bersikap mental, berpikir dan bertingkah laku sesuai sila-sila Pancasila secara utuh, bersumber pada Pembukaan dan UUD 1945. Perbuatan kita tidak boleh bertentangan dengan norma-norma yang berlaku. Norma-norma itu berasal dari:

a. Sila-sila Pancasila (termasuk di dalamnya ajaran agama).
b. Pembukaan UUD 1945.
c. Prinsip-prinsip dalam UUD 1945.
d. Peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e. Norma-norma perjuangan bangsa (jiwa dan nilai-nilai 1945).
f. Norma-norma lainnya yang bersumber pada kepribadian bangsa.

Mengamalkan Pancasila dalam hidup sehari-hari di berbagai bidang berarti mengamalkan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa (pengamalan subyektif). Disamping sebagai pandangan hidup, Pancasila merupakan dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara artinya Pancasila dilaksanakan untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara (pengamalan obyektif). Hal ini berarti bisa melaksanakan Pembukaan UUD 1945 dan UUD 1945 dalam hidup bernegara. Tentang pelaksanaan ideologi Pancasila, lebih dalam lagi akan diuraikan pada buku ajar selanjutnya.

Pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 yang harus kita laksanakan sudah diuraikan sebelumnya. Selanjutnya yang harus kita amalkan adalah prinsip-prinsip yang terkandung dalam UUD 1945. Prinsip-prinsip itu antara lain Negara Kesatuan Republik Indonesia, hak asasi manusia berdasarkan Pancasila, sistem politik (kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan), sistem ekonomi Pancasila, sistem sosial budaya berdasarkan kebudayaan nasional dan Bhinneka Tunggal Ika, pembelaan negara, dan sistem pemerintahan demokrasi.
Bagaimana Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945? 4.5 5 k Sunday, August 23, 2015 Melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 Mengamalkan Pancasila dalam hidup sehari-hari artinya kita bersikap mental, berpikir dan bertingkah laku...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.