Apa yang dimaksud dengan pemerintahan untuk rakyat?

 on Friday, August 28, 2015  

 Apa yang dimaksud dengan pemerintahan untuk rakyat?

Pemerintahan untuk rakyat merupakan pemerintah yang menghasilkan dan menjalankan kebijakan-kebijakan yang diarahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Jika kebijakan yang dihasilkan hanya untuk kepentingan sekelompok orang dan tidak berdasarkan kepentingan rakyat, pemerintahan tersebut bukan pemerintahan demokratis.

Demokrasi apakah yang ditetapkan diIndonesia?

Demokrasi yangditerapkan yang diterapkan di negara Indonesia adalah demokrasi yang didasarkan
pada Pancasila. Demokrasi Pancasila dijiwai, disemangati, diwarnai, dan didasari oleh falsafah Pancasila. Hal ini berarti dalam menggunakan hak-hak demokrasi harus disertai tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung nilainilai kemanusiaan sesuai dengan harkat dan martabatnya.

Apa manfaat jika demokratisasi jika bisa berjalan dengan baik?

Demokratisasi yang berjalan secara baik akan memunculkan masyarakat mandiri, bertanggung jawab, memiliki kebebasan dan memiliki peradaban. Masyarakat itulah yang disebut masyarakat madani atau civil society

Apa pengertian demokrasi terpimpin Menurut ketetapan MPRS No. VIII/MPRS1965?

Menurut ketetapan MPRS No. VIII/MPRS/1965 pengertian dasar demokrasi terpimpin adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan yang berintikan musyawarah untuk mufakat secara gotong royong di antara semua kekuatan nasional yang progresif revolusioner dengan berporoskan Nasakom.

Sebutkan 4 hal  yang menjadi sebab-sebab kejatuhan Orde Baru?

Adapun hal yang menjadi sebab-sebab kejatuhan Orde Baru adalah sebagai berikut.
  1. Terjadi krisis politik dan keruntuhan legitimasi politik. Rakyat mulai kecewa dan tidak lagi mempercayai pemerintahan Orde Baru dan mengharapkan adanya pemerintahan yang baru.
  2.  Tidak bersatu lagi pilar-pilar pendukung Orde Baru. Banyak menteri yang tidak lagi mendukung pemerintahan. Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga tidak bersedia lagi menjadi alat kekuasaan Orde Baru.
  3. Ekonomi nasional hancur yang ditandai oleh adanya krisis mata uang dan krisis ekonomi yang tidak mampu ditanggulangi.
  4.  Muncul desakan semangat demokratis dari para pendukung demokrasi
Apa yang dimaksud dengan pemerintahan untuk rakyat? 4.5 5 kang rohmat Friday, August 28, 2015  Apa yang dimaksud dengan pemerintahan untuk rakyat? Pemerintahan untuk rakyat merupakan pemerintah yang menghasilkan dan menjalankan kebi...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.