Sebutkan umum penyelenggaraan negara yang baik dan Upaya-upaya konkrit dalam upaya peningkatan jaminan keadilan ?

 on Sunday, July 5, 2015  

Asas-asas umum penyelenggaraan negara yang baik itu meliputi
  1. Asas kepentingan umum, yaitu asas yang mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif. 
  2. Asas kepastian hukum, yaitu asas yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan, kepatuhan, dan keadilan dalam setiap kebijakan penyelenggara negara
  3.  Asas keterbukaan, yaitu asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif dengan memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi, golongan, dan rahasia negara.
  4.  Asas tertib penyelenggaraan negara, yaitu asas yang menjadi landasan keteraturan keserasian dan keseimbangan dalam pengendalian penyelenggara negara.
  5. Asas profesionalitas, yaitu asas yang mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  6. Asas proporsionalitas, yaitu asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban penyelenggara negara.
  7. Asas akuntabilitas, yaitu asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan penyelenggara negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Upaya-upaya konkrit  dalam upaya peningkatan jaminan keadilan adalah sebagai berikut.
  1. Membiasakan diri bertindak adil.
  2.  Mengkritik tindakan yang tidak adil dan memberikan solusi alternatif dalam mewujudkan jaminan keadilan yang lebih baik.
  3.  Menghargai tindakan berbagai pihak yang memperkuat jaminan keadilan
  4.  Memantau kinerja berbagai lembaga yang bertugas memberikan jaminan keadilan.
  5. Mencermati fakta ketidakadilan dalam masyarakat dan kebijakan yang berkaitan dengan jaminan keadilan.
  6.  Mengetahui dan memahami hal-hal mendasar yang berkaitan dengan jaminan keadilan.

Sebagai warga bangsa dan negara, sudah sepatutnya warga mendukung setiap usaha dalam menegakkan keadilan. Melalui upaya-upaya tersebut, diharapkan dapat terbentuk pengawasan publik yang telah efektif terhadap kinerja lembagalembaga yang berfungsi memberikan jaminan keadilan serta dapat menumbuhkembangkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat untuk bertindak adil. Jaminan keadilan harus ditopang oleh meningkatnya kinerja lembagalembaga keadilan dalam masyarakat sehingga dapat membuat jaminan keadilan itu semakin kukuh.
Sebutkan umum penyelenggaraan negara yang baik dan Upaya-upaya konkrit dalam upaya peningkatan jaminan keadilan ? 4.5 5 kang rohmat Sunday, July 5, 2015 Asas-asas umum penyelenggaraan negara yang baik itu meliputi Asas kepentingan umum, yaitu asas yang mendahulukan kesejahteraan umum denga...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.