jelaskan pola hubungan antar bangsa Pola Penjajahan dan Pola Hubungan Ketergantungan serta pengertian Aktif mengandung arti?

 on Sunday, July 5, 2015  

Pola Hubungan Antarbangsa
a. Pola Penjajahan
Pola hubungan ini timbul sebagai akibat dari perkembangan kapitalisme. Sistem kapitalisme membutuhkan bahan mentah untuk industri dalam negerinya, sedangkan bahan mentah ada di luar negeri. Oleh sebab itu, timbul keinginan untuk menguasai wilayah bangsa lain guna mengambil kekayaan bangsa lain. Penguasaan wilayah dalam rangka kekayaan bangsa lain merupakan inti dari kolonialisme dalam sejarah hubungan antarbangsa.

b. Pola Hubungan Ketergantungan
Pola hubungan ini terjadi di antara negara-negara yang belum berkembang dengan negara maju. Demi menyejahterakan rakyatnya, negara-negara dunia ketiga melakukan pembangunan ekonomi, mengembangkan industri dan bersaing dengan negara maju di pasar global. Akan tetapi, karena tidak memiliki modal dan teknologi untuk melakukan semua itu secara mandiri, timbullah ketergantungan pada modal dan teknologi negara-negara maju


 Aktif mengandung arti sebagai berikut
a. Bangsa Indonesia aktif bekerja sama dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam mengupayakan terwujudnya perdamaian abadi berdasarkan keadilan dan kemanusiaan.

b. Bangsa Indonesia aktif membela bangsa lain yang terancam keberadaan dan kedaulatan negaranya. Campur tangan bangsa Indonesia terhadap masalah dalam negeri negara lain masih dimungkinkan dalam hal-hal khusus, yakni dalam hal negara yang bersangkutan terancam keberadaannya oleh pihak lain atau terancam oleh tindakan yang bertentangan dengan prinsip kemerdekaan dan kesamaderajatan manusia.

Dalam menjalankan politik luar negeri bebas aktif, bangsa Indonesia menjalin
pergaulan/kerja sama internasional yang dipimpin oleh presiden/kepala negara.
Dalam pelaksanaan kerja sama dan hubungan internasional, presiden sebagai
kepala negara selain dibantu oleh departemen luar negeri yang dipimpin oleh
menteri luar negeri, juga dibantu oleh para duta dan konsul yang diangkat oleh
presiden dan oleh duta dan konsul negara lain yang diterimanya.
jelaskan pola hubungan antar bangsa Pola Penjajahan dan Pola Hubungan Ketergantungan serta pengertian Aktif mengandung arti? 4.5 5 k Sunday, July 5, 2015 Pola Hubungan Antarbangsa a. Pola Penjajahan Pola hubungan ini timbul sebagai akibat dari perkembangan kapitalisme. Sistem kapitalisme memb...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.