Jelaskan Prosedur penunjukan dan penerimaan perwakilan diplomatik dan Prosedur pengangkatan konsul ?

 on Tuesday, July 7, 2015  

Prosedur penunjukan dan penerimaan perwakilan diplomatik antara lain sebagai berikut.
  1.  Menteri luar negeri menunjuk seseorang yang memenuhi persyaratan sebagai duta atau duta besar untuk diajukan kepada presiden untuk mendapatkan persetujuan.
  2. Apabila presiden menyetujui, kemudian putusan disampaikan kembali kepada menteri luar negeri.
  3. Menteri luar negeri memberitahukan kepada negara yang akan menerima untuk mendapatkan persetujuan dari negara penerima.
  4. Negara penerima memberikan persetujuan atau tidak berdasarkan pada riwayat hidup calon dan pertimbangan lainnya yang dipandang perlu.
  5. Setelah mendapatkan persetujuan, calon kemudian dilantik oleh presiden dan diberi surat kepercayaan.
  6. Surat kepercayaan diserahkan kepada kepala negara penerima.
  7. Penerima negara tersebut adalah perwakilan diplomatik.

Prosedur pengangkatan konsul antara lain sebagai berikut
  1.  Pemerintah negara pengirim menunjuk seseorang untuk diangkat menjadi konsul.
  2.  Penunjukan itu diberitahukan kepada negara penerima dan disertai permintaan untuk mengeluarkan eksekutor. Hal tersebut dilakukan dengan mengirimkan komisi konsuler melalui saluran diplomatik.
  3. Apabila negara penerima menyetujui penunjukan tersebut, negara penerima akan mengeluarkan eksekutor konsuler sebagai permulaan tugas konsul.
Apabila kemudian tindakan konsul tidak memuaskan bagi negara penerima, negara penerima dapat memberitahukan kepada negara pengirim bahwa konsul yang bersangkutan tidak bisa diterima lagi. Negara pengirim harus memanggil konsul tersebut pulang. Jika tidak memanggil pulang, negara peneriman akan mencabut eksekutor konsulernya atau tidak mengakuinya lagi sebagai konsul.
Hak istimewa yang dimiliki konsul, antara lain
a. bebas dari biaya pengadilan,
b. bebas mengadakan komunikasi dengan warga negaranya di negara penerima,
c. kekebalan bagi surat dan arsip resmi konsul,
d. perlindungan keselamatan diri konsul, dan
e. apabila terdapat tuntutan tindak pidana ditunda sampai eksekuator konsulernya dicabut, atau sudah ditunjuk penggantinya
Jelaskan Prosedur penunjukan dan penerimaan perwakilan diplomatik dan Prosedur pengangkatan konsul ? 4.5 5 kang rohmat Tuesday, July 7, 2015 Prosedur penunjukan dan penerimaan perwakilan diplomatik antara lain sebagai berikut.  Menteri luar negeri menunjuk seseorang yang memenu...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.