Sebutkan Prinsip keadilan sosial yang melandasi pelaksanaan pembangunan nasional dan untuk mewujudkan sikap terbuka atau transparansi diperlukan kondisi-kondisi apa saja?

 on Wednesday, June 10, 2015  

Prinsip keadilan sosial yang melandasi pelaksanaan pembangunan nasional di Indonesia sebagai berikut.
  1. Asas adil dan merata. Prinsip ini mengandung arti bahwa pembangunan nasional yang diselenggarakan itu pada dasarnya merupakan usaha bersama yang harus merata di semua lapisan masyarakat Indonesia dan di seluruh tanah air. Setiap warga negara  berhak memperoleh kesempatan berperan dan menikmati hasilhasilnya secara adil sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan darmabakti yang diberikannya kepada bangsa dan negara.
  2. Asas keseimbangan, keserasian, dan keselarasan dalam perikehidupan. Prinsip ini berarti bahwa dalam pembangunan nasional harus ada keseimbangan antara berbagai kepentingan. Kepentingan tersebut adalah kepentingan dunia dan akhirat, material, serta spiritual.

Sebagai upaya mewujudkan sikap terbuka atau transparansi diperlukan kondisi-kondisi sebagai berikut.
  1. Terwujudnya nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya bangsa sebagai sumber etika dan moral untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan tercela, serta perbuatan yang bertentangan dengan hukum dan hak asasi manusia.
  2.  Terwujudnya sila Persatuan Indonesia yang merupakan sila ketiga dari Pancasila sebagai landasan untuk mempersatukan bangsa.
  3.  Terwujudnya penyelenggara negara yang mampu memahami dan mengelola kemajemukan bangsa secara baik dan adil sehingga dapat terwujud toleransi, kerukunan sosial, kebersamaan, dan kesetaraan berbangsa
  4.  Terwujudnya demokrasi yang menjamin hak dan kewajiban masyarakat untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan politik secara bebas dan bertanggung jawab sehingga menumbuhkan kesadaran untuk memantapkan persatuan bangsa.
  5. Pulihnya kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara negara dan antara sesama masyarakat sehingga dapat menjadi landasan untuk kerukunan dalam hidup bernegara.
Sebutkan Prinsip keadilan sosial yang melandasi pelaksanaan pembangunan nasional dan untuk mewujudkan sikap terbuka atau transparansi diperlukan kondisi-kondisi apa saja? 4.5 5 k Wednesday, June 10, 2015 Prinsip keadilan sosial yang melandasi pelaksanaan pembangunan nasional di Indonesia sebagai berikut. Asas adil dan merata. Prinsip ini m...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.