Sebutkan macam-macam dasar negara atau ideologi terkenal di dunia?

 on Friday, June 5, 2015  

Macam-macam dasar negara atau ideologi terkenal di dunia sebagai berikut.
1) Sosialisme, merupakan ideologi yang berpandangan adanya persamaan dan kesamaan dalam menjalani hidup. Dalam sosialisme, persamaan adalah merupakan konsekuensi logis dari keprihatinan terhadap suatu kemiskinan.
 
2) Liberalisme, merupakan ideologi yang berpaham kebebasan, yaitu adanya pengakuan hak-hak individual yang harus dilindungi dari campur tangan negara dan badan-badan yang lain. Manusia dipandang sebagai makhluk yang bebas dan rasional. Pemerintahan harus didasarkan pada persetujuan rakyat.

3) Marxisme-komunisme, merupakan salah satu jenis sosialisme yang mengajarkan tentang teori pertentangan kelas. Dalam konsep marxisme, negara hendaknya dipimpin dan lebih mengutamakan kelas pekerja (buruh) atau diktaktor proletariat. Marxisme berawal dari konsep-konsep politik, ekonomi, dan sosial Karl Marx dan selanjutnya diteruskan oleh Lenin, Stalin, dan Mao Tze Tung (Mao Zedong) menjadi paham komunisme. Menurut ajaran ini, suatu tujuan dapat dicapai dengan cara menghalalkan semua jalan. Komunisme cenderung meniadakan arti Tuhan karena berdasarkan pada materialism sehingga paham ini menindas kebebasan dalam beragama dan kebebasan individual. Menurut Budiardjo (1980), nilai-nilai yang terkandung di dalam komunisme adala
  1. monoisme, yaitu suatu prinsip yang menolak keberadaan golongangolongan (strata) dalam suatu masyarakat;
  2. kekerasan dianggap sebagai cara atau alat yang sah untuk mencapai suatu tujuan (menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan),
  3.  semua alat negara (polisi, tentara, birokrasi, media massa, intelektual, dan perundang-undangan) dipergunakan untuk mewujudkan tujuan komunisme.
4) Fasisme, suatu bentuk dari kediktatoran yang dapat dipersamakan dengan otoritarian. Di dalamnya terdapat unsure-unsur kekerasan dan hal-hal lain yang bersifat mengerikan (pembantaian, diskriminasi ras, ekspansi ke negara lain, penghilangan hak-hak asasi manusia, dan masih banyak lainnya), terutama dalam hal pengabaian hak-hak asasi warga negara. Fasisme ini menitikberatkan pada pola khusus aksi dan sangat tergantung pada pemimpin yang kharismatik.
Sebutkan macam-macam dasar negara atau ideologi terkenal di dunia? 4.5 5 k Friday, June 5, 2015 Macam-macam dasar negara atau ideologi terkenal di dunia sebagai berikut. 1) Sosialisme, merupakan ideologi yang berpandangan adanya persam...


1 comment:

  1. Kalau yang saya pahami. Ada 9 dimana yg kedelapannya merupakan suatu paham yg dibuat seolah-olah bertentangan antara faham yg satu dengan yg lainnya, atau biasa kita kenal dengan faham kanan-kiri. Dimana faham kanan itu ada nasionalisme, liberalisme, konservativisme, dan pragmatisme. Sedangkan pada faham kiri ada komunisme, sosialisme, radikalisme, dan anarkisme, yang mana kedelapannya dari kedua faham ini menginduk kepada yang namanya kapitalisme buatan Zionis. Ada satu faham yg tak menginduk kepada kapitalisme, dan sebagai lawan dari pada faham yg dibentuk oleh zion yakni Pancasila, yg mana faham ini milik Indonesia dan dapat digunakan oleh seluruh bangsa2 yg ada didunia.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.