Sebutkan 4 tahap Proses Sosialisasi Budaya Politik dan jelaskan bagaimana Proses Sosialisasi Budaya Politik Di Lingkungan Bangsa dan Negara?

 on Monday, June 15, 2015  

Proses Sosialisasi Budaya Politik
Sosialisasi politik diawali pada masa kanak-kanak atau remaja. Berdasarkan hasil riset David Easton dan Robert Hess, proses sosialisasi politik meliputi empat tahap sebagai berikut
  1.  Pengenalan otoritas melalui individu tertentu, seperti orang tua, anak, presiden, dan polisi.
  2. Perkembangan pembedaan antara otoritas internal dan yang eksternal, yaitu antara pejabat swasta dan pejabat pemerintah.
  3. Pengenalan mengenai institusi-institusi politik yang impersonal, seperti kongres (parlemen), Mahkamah Agung, dan pemungutansuara (pemilu).
  4. Perkembangan pembedaan antara situasi-situasi politik dan mereka yang terlibat dalam aktivitas yang disosialisasikan dengan institusi-institusi ini.
Di Lingkungan Bangsa dan Negara
Generasi muda adalah harapan bangsa yang kelak akan menggantikan dan mengatur kehidupan politik negara Indonesia. Oleh karena itu, generasi muda harus membiasakan diri berperan aktif dalam budaya politik di lingkungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimanakah bentuknya? Bentuk partisipasi generasi muda dalam budaya politik di lingkungan bangsa dan negara dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan berikut.
1) Menjadi anggota aktif dalam partai politik.
2) Menyaksikan atau mengikuti debat politik antarelite politik melalui berbagai media.
3) Mengikuti kampanye pemilihan umum.
4) Ikut aksi unjuk rasa dengan damai.
5) Memberikan suara dalam pemilihan umum untuk memilih
 
bupati/wali kota, anggota DPRD, DPR RI, dan presiden. Itulah contoh bentuk peran aktif warga negara Indonesia dalam budaya politik. Dengan membiasakan peran aktif dalam budaya politik berarti telah ikut berperan serta dalam pembangunan politik yang demokratis untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.
Sebutkan 4 tahap Proses Sosialisasi Budaya Politik dan jelaskan bagaimana Proses Sosialisasi Budaya Politik Di Lingkungan Bangsa dan Negara? 4.5 5 kang rohmat Monday, June 15, 2015 Proses Sosialisasi Budaya Politik Sosialisasi politik diawali pada masa kanak-kanak atau remaja. Berdasarkan hasil riset David Easton dan R...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.