Sebutkan jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia dan jelasakan dari masing-masing peraturan perundang-undangan tersebut?

 on Tuesday, May 5, 2015  

Adapun jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah sebagai berikut.
a. Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945.
b. Undang-undang (UU) atau Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (perpu).
c. Peraturan Pemerintah (PP).
d. Peraturan Presiden (perpres).
e. Peraturan Daerah (perda).

Penjelasan dari masing-masing peraturan perundang-undangan tersebut sebagai berikut.
  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan hukum dasar dalam Peraturan Perundangundangan. Sebagai hukum dasar, UUD Negara RI Tahun 1945 merupakan sumber hukum bagi pembentukan peraturan perundang-undangan dibawahnya.
  2. Undang-undang adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat dengan persetujuan bersama presiden.
  3. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh presiden dalam hal ikhwal kegentingan yang memaksa
  4. Peraturan pemerintah adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh presiden untuk menjalankan undangundang sebagaimana mestiny
  5.  Peraturan presiden adalah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh presiden
  6.  Peraturan daerah adalah peraturan perundang-undangan yang dibentuk oleh oleh Dewan Perwakilan Rakyat daerah dengan persetujuan bersama kepala daerah.
  •   Peraturan daerah provinsi dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah provinsi bersama dengan gubernur
  • Peraturan daerah kabupaten/kota dibuat oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/kota bersama bupati/wali kota
  •  Peraturan desa/peraturan yang setingkat, dibuat oleh badan perwakilan desa atau nama lainnya bersama dengan kepala desa atau nama lainnya. Jadi hukum nasional kita tertuang dalam pelbagai peraturanperundang-undangan nasional. Peraturan perundang-undangan nasional pada dasarnya berisi hukum yang mengatur kehidupanwarga negara di suatu bidang.
Sebutkan jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia dan jelasakan dari masing-masing peraturan perundang-undangan tersebut? 4.5 5 k Tuesday, May 5, 2015 Adapun jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia adalah sebagai berikut. a. Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945. b. ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.