Sebutkan Faktor Subjektif dan Faktor Objektif yang menyebabkan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan?

 on Wednesday, May 27, 2015  

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan
a. Faktor Subjektif
(1) Perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah berlangsung ratusan tahun lamanya (1511-1945) sampai pada titik kulminasinya dan atas keyakinan bangsa Indonesia, bahwa berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa yang melindungi dan meridloi perjuangan untuk mencapai kemerdekaan.

(2) Penderitaan rakyat akibat penjajahan telah meluas dan seakan-akan tak tertahankan meledak melahirkan tekad menentukan nasib atas kekuatan bangsa sendiri dengan pengorbanan serta berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa.

b. Faktor Objektif
(1) Waktu antara penyerahan Jepang kepada Sekutu (14 Agustus 1945) dan akan mendaratnya Sekutu ke tanah air (18 Agustus 1945) terdapat kekosongan kekuasaan pemerintahan (vacuum of power).

(2) Bahwa pada waktu itu, di Indonesia, mata rantai imperialisme dan kolonialisme internasional adalah dalam posisi yang paling lemah. Belanda, dengan NICA-nya, setelah Jepang menyerah, tidak berdayamenjajah kembali atas kekuatan sendiri. Sementara  Inggris yang diboncengi oleh Belanda terlambat datang ke tanah air kita, karena perubahan strategi Sekutu yang mengirimkan seluruh kekuatan armada perangAmerika Serikat langsung ke kepulauan Jepang.

Tampak jelas bahwa pada saat kekosongan kekuasaan dan kelemahan mata rantai penjajahan itu bangsa Indonesia atas kekuatan sendiri mematahkan "mata rantai belenggu" kolonialisme dan imperialisme dan dengan kesatria memproklamasikan kemerdekaan.
Sebutkan Faktor Subjektif dan Faktor Objektif yang menyebabkan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan? 4.5 5 kang rohmat Wednesday, May 27, 2015 Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Proklamasi Kemerdekaan a. Faktor Subjektif (1) Perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.