Jelaskan pengertian konstitusi menurut Carl Schmitt (Carl Schmitt : 1957) dan sebutkan apa saja fungsi konstitusi secara umum?

 on Saturday, May 9, 2015  

Carl Schmitt (Carl Schmitt : 1957)
Carl Schmitt mengartikan konstitusi sebagai berikut
  1.  Konstitusi dlm arti absolut, mencakup seluruh keadaan dan struktur dalam negara. Hal ini didasarkan bahwa negara adalah ikatan dari manusia yang mengorganisir dirinya dalam wilayah tertentu. Konstitusi menentukan segala bentuk kerja sama dlm organisasi negara sehingga konstitusi menentukan segala norma.
  2. Konstitusi dalam arti relatif, naskah konstitusi merupakan naskah penting yg sulit untuk diubah dan dengan sendirinya menjamin kepastian hukum. Konstitusi memuat hal-hal yang fondamental saja sehingga tidak absolut.
  3. Konstitusi dalam arti positif, konstitusi merupakan keputusan tertinggi dari pada rakyat.
  4. Konstitusi dalam arti ideal, konstitusi dapat menampung ide yg dicantumkan satu per satu sebagai isi konstitusi seperti pada konstitusi relatif.
Konstitusi biasanya disamakan dengan kata undang-undang dasar. Ada beberapa ahli kenegaraan yang membedakan atau menyamakan konstitusi dengan UUD
  1.  L.J. Van Apeldoorn mengemukakan bahwa konstitusi berbeda dengan UUD. Konstitusi adalah memuat peraturan tertulis dan tidak tertulis, sedangkan undang-undang dasar adalah peraturan tertulis (Mirriam Budiardjo : 2008).
  2. Sri Sumantri mengemukakan bahwa konstitusi sama artinya dengan UUD (Sri Sumantri : 1987).
Selain itu secara umum, konstitusi memiliki fungsi sebagai berikut
1. membatasi perilaku pemerintahan secara efektif;
2. membagi kekuasaan dalam beberapa lembaga negara;
3. menentukan lembaga negara bekerja sama satu sama lain;
4. menentukan hubungan di antara lembaga negara;
5. menentukan pembagian kekuasaan dalam negara;
6. menjamin hak warga negara dan tindakan sewenang-wenang;
7. menjadi landasan struktural penyelenggaraan pemerintahan

Jelaskan pengertian konstitusi menurut Carl Schmitt (Carl Schmitt : 1957) dan sebutkan apa saja fungsi konstitusi secara umum? 4.5 5 kang rohmat Saturday, May 9, 2015 Carl Schmitt (Carl Schmitt : 1957) Carl Schmitt mengartikan konstitusi sebagai berikut  Konstitusi dlm arti absolut, mencakup seluruh kead...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.