Jelaskan pengertian Asal mula Pancasila secara lansung dan secara tidak langsung serta fungsi pancasila sebagai dasar negara?

 on Friday, May 8, 2015  

Asal mula Pancasila sebagai ideologi dibedakan menjadi dua sebagai berikut.
1. Asal mula langsung terdiri atas:
  • Asal mula bahan (kausa materialis) dinyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila berasal dari nilai-nilai adat istiadat budaya dan nilai religius bangsa Indonesia.
  • Asal mula bentuk (kausa formalis) dinyatakan bahwa nilai-nilai Pancasila berasal dari rumusan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno bersama Drs. Moh. Hatta dan BPUPKI.
  • Asal mula karya (kausa effisiens) dinyatakan bahwa Pancasila dibentuk karena adanya PPKI sebagai pembentuk negara dan atas kuasa pembentuk negara yang mengesahkan Pancasila menjadi dasar negara.
  • Asal mula tujuan (kausa finalis) dinyatakan bahwa Pancasila dirumuskan dan dibahas dalam sidang-sidang para pendiri negara.

2. Asal mula tidak langsung dinyatakan bahwa Pancasila berasal sebelum Proklamasi Kemerdekaan. Artinya, Pancasila telah ada sejak dahulu terdapat dalam adat istiadat, kebudayaan, nilai agama, dan lain-lain.
Sebagai dasar negara Pancasila dipergunakan untuk mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia. Hal ini berarti juga bahwa semua peraturan yang berlaku di negara Republik Indonesia harus bersumberkan kepada Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara, artinya Pancasila dijadikan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Pancasila menurut Ketetapan MPR No. III/ MPR/ 2000 merupakan ”sumber hukum dasar nasional”.

Dalam kedudukannya sebagai dasar negara maka Pancasila berfungsi sebagai
  1. sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. Dengan demikian Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia
  2.  suasana kebatinan (geistlichenhinterground) dari UUD;
  3. cita-cita hukum bagi hukum dasar negara;
  4.  norma-norma yang mengharuskan UUD mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur;
  5. sumber semangat bagi UUD Negara RI Tahun 1945, penyelenggara negara, pelaksana pemerintahan. MPR dengan Ketetapan No. XVIII/MPR/1998 telah mengembalikan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara RI
Jelaskan pengertian Asal mula Pancasila secara lansung dan secara tidak langsung serta fungsi pancasila sebagai dasar negara? 4.5 5 k Friday, May 8, 2015 Asal mula Pancasila sebagai ideologi dibedakan menjadi dua sebagai berikut. 1. Asal mula langsung terdiri atas: Asal mula bahan (kausa mat...


1 comment:

Powered by Blogger.