Jelaskan 5 peristiwa faktual yang menyebabkan terjadinya suatu negara?

 on Sunday, May 3, 2015  

Secara faktual, negara dapat terjadi karena peristiwa-peristiwa berikut.
a. Penaklukan (Occopatie)
Penaklukan atau occopatie berarti suatu daerah yang  tidak dimiliki seseorang atau bangsa, kemudian diambil alih dan didirikan negara di wilayah itu. Misalnya, Liberia adalah daerah kosong yang dijadikan negara oleh para budak Negro yang telah dimerdekakan orang Amerika. Liberia dimerdekakanpada tahun 1847.

b. Peleburan (Fusi)
Peleburan (fusi) adalah suatu penggabungan dua atau lebih negara menjadi negara baru. Misalnya, Jerman Barat dan Jerman Timur bergabung menjadi negara Jerman.
 
c. Pemecahan
Pemecahan adalah terbentuknya negara-negara baru akibat terpecahnya negara lama sehingga negara sebelumnya menjadi tidak ada lagi. Contohnya, Yugoslavia terpecah menjadi negara Serbia, Bosnia, dan Montenegro; Uni Soviet terpecah menjadi banyak negara baru; Cekoslovakia terpecah menjadi negara Ceko dan Slovakia.
 
d. Pemisahan Diri
Pemisahan diri adalah memisahnya suatu bagian wilayahnegara, kemudian terbentuk negara baru. Pemisahan berbeda dengan pemecahan, artinya negara lama masih ada. Misalnya, wilayah India yang memisahkan diri menjadi negara Pakistan dan Bangladesh.
 
e. Perjuangan
Perjuangan merupakan hasil dari rakyat suatu wilayah yang umumnya dijajah negara lain, kemudian memerdekakan diri. Contohnya adalah Indonesia yang melakukan perjuangan revolusi sehingga mampu membentuk negara merdeka. Kebanyakan negara Asia Afrika yang merdeka setelah Perang Dunia II adalah hasil perjuangan rakyatnya.
Jelaskan 5 peristiwa faktual yang menyebabkan terjadinya suatu negara? 4.5 5 k Sunday, May 3, 2015 Secara faktual, negara dapat terjadi karena peristiwa-peristiwa berikut. a. Penaklukan (Occopatie) Penaklukan atau occopatie berarti suatu ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.