Jelaskan pengertian bangsa menurut teori Ernest Renan dan Teori Otto Bauer serta apa pengertian Bangsa dalam Arti Sosiologis - Antropologis?

 on Thursday, April 30, 2015  

Teori Ernest Renan
Pengertian bangsa dikemukakan pertama kali oleh Ernest Renan pada tahun 1882, yang dimaksud dengan bangsa adala jiwa, suatu asas kerohanian yang timbul dari
1) kemuliaan bersama di waktu lampau, yang merupakan aspek histories;
2) keinginan untuk hidup bersama (le desir de vivre ensemble) di waktu sekarang yang merupakan aspek solidaritas, dalam bentuk dan besarnya tetap mempergunakan warisan masalampau, baik untuk kini dan yang akan datang.

Ernest Renan mengatakan bahwa syarat mutlak adanya bangsa adalah plebisit, yaitu suatu hal yang memerlukan persetujuan bersama pada waktu sekarang, dan mengandung hasrat untuk mau hidup bersama dengan kesediaan memberikan pengorbanan-pengorbanan. Bila warga bangsa bersedia memberikan pengorbanan bagi eksistensi bangsanya makabangsa tersebut tetap bersatu dalam kelangsungan hidupnya.Inti dari teori Ernest Renan adalah pada kesadaran moral  (conscience morale).

Teori Otto Bauer
Menurut Otto Bauer, suatu bangsa ialah suatu masyarakat ketertiban yang muncul dari masyarakat yang senasib atau bangsa adalah suatu kesamaan perangai yang timbul karena senasib.

Bangsa dalam Arti Sosiologis - Antropologis adalah:
Bangsa dalam pengertian ini dibedakan menjadi dua, yaitu bangsa dalam arti etnis dan bangsa dalam arti kultural. Bangsa dalam arti etnis merupakan sekelompok manusia yang memilikisatu keturunan atau ras yang tinggal dalam satu wilayah tertentu dengan ciri-ciri jasmani yang sama, seperti kesamaan warnakulit dan bentuk tubuh. Bangsa dalam arti kultural adalahsekelompok manusia yang memiliki ciri-ciri khas kebudayaan yang sama, seperti adat istiadat, mata pencaharian, bahasa, danunsur-unsur kesamaan budaya.Jadi, bangsa dalam arti sosiologis-antropologis merupakan sekelompok manusia yang hidup bersama dan diikat oleh ikatan seperti kesatuan ras, tradisi, sejarah, adat istiadat, bahasa, agama dan kepercayaan, serta daerah.
Jelaskan pengertian bangsa menurut teori Ernest Renan dan Teori Otto Bauer serta apa pengertian Bangsa dalam Arti Sosiologis - Antropologis? 4.5 5 k Thursday, April 30, 2015 Teori Ernest Renan Pengertian bangsa dikemukakan pertama kali oleh Ernest Renan pada tahun 1882, yang dimaksud dengan bangsa adala jiwa, sua...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.