Apa sebab kebebasan mengemukan pendapat merupakan hak yang penting dan apa tujuan lima asas dalam kemerdekaan menyapaikan pendapat di muka umum?

 on Wednesday, April 29, 2015  

Adanya kebebasan mengemukan pendapat merupakan hak yang penting, sebab:
  1. Memungkinkan warga negara menyampaikan aspirasinya untuk mendorong terciptanya tata pemerintahan yang bertanggung jawab.
  2. Memungkinkan terjadinya proses dialog antarwarga masyarakat dalam mencari kebenaran dan keadilan.
  3. Merupakan sarana untuk mempromosikan sikap toleransi atau sikap saling menghargai antaranggota masyarakat.
  4. Merupakan sarana untuk ekspresi diri warga negara.
  5. Merupakan sarana penyalur kreativitas dan partisipasi dalam kehidupan berdemokrasi.
  6. Merupakan sarana untuk mewujudkan tanggung jawab sosial

Berdasarkan atas kelima asas kemerdekaan menyapaikan pendapat di muka umum tersebut, maka pelaksanaannya diharapkandapat mencapai tujuan seperti berikut.
  1. Mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab sebagai salah=  satu hak asasi manusia sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan perlindungan hukum yang konsisten dan berkesinambungandalam menjamin kemerdekaan menyampaikanpendapat.
  3. Mewujudkan iklim yang kondusif bagi berkembangnya partisipasi dan kreativitas setiap warga negara sebagai perwujudan hakdan tanggung jawab dalam kehidupan berdemokrasi.
  4. Menempatkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, tanpa mengabaikan kepentingan perorangan atau kelompok.

Dalam mengeluarkan pendapat ada dua prinsip utama, yaitu kebebasan dan tanggung jawab. Mengenai prinsip kebebasan bahwa setiap orang berhak mempunyai pendapat tanpa mengalami gangguan. Menurut pasal 5 UU No. 9/1998, hak kemerdekaan mengemukakan pendapat harus bisa dilaksanakan dalam kondisi bebas artinya tidak ada tekanan fisik, psikis atau pembatasan lain.
Apa sebab kebebasan mengemukan pendapat merupakan hak yang penting dan apa tujuan lima asas dalam kemerdekaan menyapaikan pendapat di muka umum? 4.5 5 k Wednesday, April 29, 2015 Adanya kebebasan mengemukan pendapat merupakan hak yang penting, sebab: Memungkinkan warga negara menyampaikan aspirasinya untuk mendorong...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.