Apa saja perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa yang harus dilakukan pelajar?

 on Tuesday, November 17, 2015  

Bagi seorang pelajar perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa di antaranya dapat dilaksanakan dengan:
a) mengetahui keanekaragaman budaya yang dimilikibangsa Indonesia.
b) mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya;
c) merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri; dan
d) menyaring budaya asing yang masuk ke dalam bangsa Indonesia.

 Apa pengertian gender?
 jawab:
Gender adalah konsep hubungan sosial yang membedakan kedudukan, fungsi, dan peran antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Gender dibentuk dan berkembang seiring dengan budaya masyarakat. Gender bukan bawaan sejak lahir.

Apa makna kesadaran gender ?
 Jawab:
Kesadaran gender bararti meletakan kedudukan, fungsi, dan peran antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat secara sejajar. Misalnya dalam keluarga, maka setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian rumah tempat tinggalnya.

Bagaimana awal kebangkitan nasional, yang muncul pada awal tahun 1908?
 Jawab:
Lahirnya golongan terpelajar di berbagai daerah mendorong kesadaran nasional bahwa untuk mengusir penjajahan tidak hanya dengan perjuangan fisik, namun harus dilakukan secara serentak oleh seluruh rakyat Indonesia. Inilah yang disebut kebangkitan nasional, yang muncul pada awal tahun 1908

Bagaimana Kesimpulan secara ringkas  tahap-tahap persatuan dan kesatuan?
 Jawab:
Secara ringkas dapat kita menyimpulkan bahwa tahap-tahap persatuan dan kesatuan, meliputi perasaan senasib sepenanggungan, sumpah Pemuda, Kebangkitan nasional, dan Proklamasi Kemerdekaan.

Sebutkan Kegiatan apa saja yang merupakan  bagian dari upaya pembelaan terhadap negara?
 Jawab:
Pertandingan sepak bola, bulu tangkis, olimpiade sains, dan kegiatan lainnya yang mengharumkan bangsa Indonesia merupakan bagian dari upaya pembelaan terhadap negara.


Jelaskan tentang Prinsip Nasionalisme Indonesia ?
 Jawab:
Kita mencintai bangsa kita, tetapi bukan berarti kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain karena pandangan seperti itu hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa
dan Kemanusiaan yang adil dan beradab
Apa saja perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa yang harus dilakukan pelajar? 4.5 5 kang rohmat Tuesday, November 17, 2015 Bagi seorang pelajar perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa di antaranya dapat dilaksanakan dengan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.