Apa saja kelebihan penerapan pemilu dengan sistem distrik ?

 on Sunday, November 8, 2015  

 Apa saja kelebihan penerapan pemilu dengan sistem distrik ? pada masa pemerintahan orde lama,praktik demokrasi yang menonjol adalah..
Jawaban:
Kelebihan penerapan pemilu dengan sistem distrik yaitu
  1. Sistem ini lebih mendorong ke arah integritas partai-partai politik karena kursi yang diperebutkan dalam setiap distrik pemilihan hanyalah satu. Hal ini akan mendorong partai-partai untuk menyisihkan perbedaan-perbedaan yang ada dan mengadakan kerjasama, sekurang-kurangnya menjelang pemilihan umum, antara lain melalui stembus accoord
  2.  Fragmentasi partai dan kecenderungan membentuk partai baru dapat dibendung, malahan sistem ini bisa mendorong kearah penyederhanaan partai secara alami dan tanpa paksaan.
  3. Karena kecilnya distrik, maka wakil yang dipilih dapat dikenal oleh komunitasnya sehingga hubungan dengan konstituen lebih erat.
  4.  Bagi partai besar, sistem ini menguntungkan karena melalui distortion effect dapat meraih suara dari pemilih-pemilih lain, sehingga memperoleh kedudukan mayoritas. Partai pemenang sedikit banyak dapat mengendalikan parlemen.
  5.  Lebih mudah bagi suatu partai untuk mencapai kedudukan mayoritas dalam parlemen, sehingga tidak perlu diadakan koalisi dengan partai lain.
  6. Sistem ini sederhana dan murah untuk diselenggarakan Pada masa pemerintahan orde lama,praktik yang menonjol adalah produk demokrasi didominasi oleh politik keluarga dan demokrasi pejabat
Mempertahankan Pancasila dapat dilakukan dengan  melaksanakan?
 Jawaban:
Dengan demikian mempertahankan Pancasila dapat dilakukan dengan  melaksanakan nilai-nilai Pancasila oleh setiap warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari di manapun ia berada.

Sebutkan bentuk contoh kesadaran warga negara dalam kehidupan bernegara?
Jawaban:
Bentuk kesadaran warga negara dalam kehidupan bernegara diantaranya tertib berlalu lintas, membayar pajak, dan menaati aturan hukum lainnya.

Jelaskan ciri-ciri demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan?
Jawaban:
Demokrasi langsung bercirikan rakyat mengambil bagian secara pribadi dalam tindakan-tindakan dan pemberian suara untuk membahas dan mengesahkan undang-undang.
Sedangkan demokrasi perwakilan, rakyat memilih warga lainnya sebagai wakil yang duduk di lembaga perwakilan rakyat untuk membahas dan mengesahkan undang-undang.

Berikan contoh  pelaksanaan kedaulatan ke luar?
 Jawaban:
Contoh pelaksanaan kedaulatan ke luar antara lain mengadakan perjanjian dengan negara lain, menyatakan perang atau perdamaian, ikut serta dalam organisasi internasional, dan sebagainya.
Apa saja kelebihan penerapan pemilu dengan sistem distrik ? 4.5 5 kang rohmat Sunday, November 8, 2015  Apa saja kelebihan penerapan pemilu dengan sistem distrik ? pada masa pemerintahan orde lama,praktik demokrasi yang menonjol adalah.. Jawab...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.