Jelaskan tentang Gagasan civil society dan ciri-ciri organisasi kemasyarakatan Civil society ?

 on Thursday, August 13, 2015  

Gagasan civil society menunjukkan bahwa ndemokrasi perlu ditopang oleh segala macam kelompok sosial yang diorganisasikan scara independen. Oleh sebab itu, kekuasaan negara dapat dibatasi, opini publik dapat disuarakan dari bawah dan bukan dikelola dari atas, sehingga masyarakat mempunyai kepercayaan diri untuk melawan pemerintahanyang semena-mena.
 
Kebebasan dan tanggung jawab masyarakat harus dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi. Jika masyarakat tidak memilih nilai-nilai demokrasi, dapat terjadi penyalahgunaan kebebasan tersebut. Masyarakat yang memiliki dan mau mengamalkan nilai-nilai tersebut, tidak akan memunculkan masyarakat yang mau menang sendiri, suka kekerasan, dan anarki. mau menang sendiri, suka kekerasan, dan anarki. 


Demokratisasi yang berjalan secara baik akan memunculkan masyarakat mandiri, bertanggung jawab, memiliki kebebasan dan memiliki peradaban. Masyarakat itulah yang disebut masyarakat madani atau civil society. Civil society tersusun atas berbagai organisasi kemasyarakatan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut
  1. . Mencukupi kebutuhannya sendiri (swadaya), paling tidak untuk sebagian, sehingga tidak bergantung pada bantuan pemerintah.
  2. . Keanggotaannya yang bersifat sukarela, atau atas kesadaran anggota itu masingmasing
  3. . Lahir secara mandiri, yang dibentuk oleh warga masyarakat sendiri bukan penguasa negara
  4. . Bebas atau mandiri dari kekuasaan negara sehingga berani mengontrol penggunaan kekuasaan negara
  5. . Tunduk pada aturan hukum yang berlaku atau seperangkat nilai/norma yang diyakini bersama.

Jelaskan tentang Gagasan civil society dan ciri-ciri organisasi kemasyarakatan Civil society ? 4.5 5 k Thursday, August 13, 2015 Gagasan civil society menunjukkan bahwa ndemokrasi perlu ditopang oleh segala macam kelompok sosial yang diorganisasikan scara independen. ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.