Apa saja Istilah penting dan Pengambilan Keputusan yang berhubungan dengan upaya penyelesaian sengketa internasional?

 on Friday, August 14, 2015  

Istilah penting yang berhubungan dengan upaya penyelesaian sengketa internasional. Istilah-istilah penting tersebut seperti berikut.
  1.  Advisory opinion, yaitu suatu opini hukum yang dibuat oleh pengadilan dalam menyelesaikan permasalahan yang diajukan oleh lembaga berwenang.
  2. Compromise, yaitu suatu kesepakatan awal di antara pihak bersengketa yang menetapkan ketentuan ikhwal persengketaan yang akan diselesaikan.
  3. Compulsory jurisdiction adalah kekuasaan peradilan internasional untuk mendengar dan memutuskan kategori tertentu mengenai suatu keputusan tanpa memerlukan kesepakatan terlebih dahulu dari pihak yang terlibat untuk menerima ketentuan hukum dan kasus tersebut.
  4. Ex Aequo et Bono adalah asas untuk menetapkan keputusan oleh pengadilan internasional atas dasar keadilan dan kebaikan

Pengambilan Keputusan
Tahap pengambilan keputusan, diawali dengan pembentukan Komisi Rancangan (drafting committee). Setelah Komisi Rancangan terbentuk, komisi segera menyusun secara berurutan tiap naskah pendapat para hakim yang kemudian dibaca oleh seluruh hakim dan menjadi bahan diskusi ataupun amendemen dalam rapat   pleno para hakim. Dari diskusi, akhirnya muncul sebuah pendapat yang mendapat dukungan mayoritas hakim di persidangan. Pendapat akhir Mahkamah Internasional yang sebenarnya merupakan putusan dibacakan dalam persidangan terbuka di depan para penasihat hukum kedua pihak yang bersengketa.

Itulah prosedur penyelesaian sengketa oleh Mahkamah Internasional. Keputusan Mahkamah Internasional bersifat final dan tidak ada banding kecuali untuk hal-hal yang bersifat penafsiran dari keputusan itu sendiri. Pihak-pihak yang bersengketa harus menerima dan melaksanakan keputusan Mahkamah Internasional. Bagaimana jika ada negara yang menolak keputusan Mahkamah Internasional? Jika terjadi hal demikian, negara yang bersangkutan akan mendapat  sanksi yang cukup berat, seperti embargo dan pembekuan aset-aset milik negara. Mengapa demikian? Hal ini karena negara tersebut telah dianggap melakukan suatu tindakan yang mengancam keamanan dan kedamaian dunia.
Apa saja Istilah penting dan Pengambilan Keputusan yang berhubungan dengan upaya penyelesaian sengketa internasional? 4.5 5 kang rohmat Friday, August 14, 2015 Istilah penting yang berhubungan dengan upaya penyelesaian sengketa internasional. Istilah-istilah penting tersebut seperti berikut.  Advi...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.