Sebutkan 4 ciri utama dari masyarakat madani dan ciri-ciri Demokratisasi yang merupakan proses menuju terbentuknya masyarakat madani?

 on Monday, June 8, 2015  

 Empat ciri utama dari masyarakat madani sebagai berikut.
  1. Kesukarelaan, artinya tidak ada paksaan, tetapi mempunyai komitmen bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama.
  2. Keswasembadaan, yaitu setiap anggota mempunyai harga diri yang tinggi, mandiri, dan kuat tanpa menggantungkan pada negara, lembaga-lembaga negara atau organisasi lainnya.
  3.  Kemandirian yang cukup tinggi dari individu-individu dan kelompok-kelompok dalam masyarakat, utamanya ketika berhadapan dengan negara.
  4. Keterkaitan pada nilai-nilai hukum yang disepakati bersama.  Masyarakat madani adalah masyarakat yang berdasarkan hukum dan bukan negara kekuasaan.
Demokratisasi yang merupakan proses menuju terbentuknya masyarakat madani mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
a. Berlangsung Secara Evolusioner
Demokratisasi berlangsung dalam waktu yang lama. Demokratisasi berjalan secara perlahan, bertahap, bagian demi bagian. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa mengembangkan nilai demokrasi dan membentuk lembaga-lembaga demokrasi tidak dapat dilakukan secepat mungkin.
 
b. Proses Perubahan Secara Persuasif dan Koersif
Demokratisasi dilakukan bukan dengan paksaan, kekerasan, atau tekanan. Proses menuju demokrasi dilakukan dengan musyawarah dan melibatkan setiap warga negara. Perbedaan pandangan diselesaikan dengan baik tanpa kekerasan. Mengapa demikian? Hal ini karena sikap pemaksaan, pembakaran, dan perusakan bukan cara yang demokratis.
 
c. Proses yang Tidak Pernah Selesai 
Demokratisasi merupakan proses yang berlangsung terusmenerus. Demokrasi adalah sesuatu yang ideal yang tidak bisa tercapai. Negara yang benar-benar demokrasi tidak ada, tetapi negara sedapat mungkin mendekati kriteria demokrasi. Bahkan, suatu pemerintah negara demokrasi dapat jatuh dalam pemerintah otoriter.
Sebutkan 4 ciri utama dari masyarakat madani dan ciri-ciri Demokratisasi yang merupakan proses menuju terbentuknya masyarakat madani? 4.5 5 k Monday, June 8, 2015  Empat ciri utama dari masyarakat madani sebagai berikut. Kesukarelaan, artinya tidak ada paksaan, tetapi mempunyai komitmen bersama untu...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.