Jelaskan budaya ciri-ciri budaya politik parokial,budaya politik kaula dan subjek serta budaya politik partisipan?

 on Sunday, June 7, 2015  

 Budaya politik parokial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Frekuensi orientasi terhadap sistem sebagai objek umum, objek-objek input, objek-objek output, dan pribadi sebagai partisipan aktif mendekati nol.
  2. Tidak terdapat peran-peran politik yang khusus dalam masyarakat.
  3. Orientasi parokial menyatakan alpanya harapan-harapan terhadap perubahan komparatif yang diinisiasikan oleh sistem politik.
  4. Kaum parokial tidak mengharapkan apa pun dari sistem politik.
  5. Parokialisme murni berlangsung dalam sistem tradisional yang lebih sederhana ketika spesialisasi politik berada pada jenjang sangat minim.
  6. Parokialisme dalam sistem politik yang diferensiatif lebih bersifat afektif dan normatif daripada kognitif.


Ciri budaya kaula atau subjek sebagai berikut
  1.   Terdapat frekuensi orientasi politik yang tinggi terhadap sistem politik yang diferensiatif dan aspek output dari sistem itu. Akan tetapi, frekuensi orientasi terhadap objek-objek input secara khusus, dan terhadap pribadi sebagai partisipan yang aktif mendekati nol.
  2. Para subjek menyadari adanya otoritas pemerintah. 
  3. Hubungannya terhadap sistem politik secara umum dan terhadap output, administratif secara esensial merupakan  hubungan yang pasif.
  4. Orientasi subjek lebih bersifat afektif dan normatif daripadakognitif. Tipe budaya kaula atau subjek ini antara lain diterapkan oleh golongan bangsawan Prancis. Mereka sangat menyadari adanya institusi demokrasi, tetapi secara sederhana hal ini tidak memberi keabsahan kepada mereka
Ciri budaya partisipan adalah  sebagai berikut:
  1.  Frekuensi orientasi politik sistem sebagai objek umum, objekobjek input, output, dan pribadi sebagai partisipan aktif mendekati satu.\
  2.  Bentuk kultur politik anggota-anggota masyarakat cenderung diorientasikan secaraeksplisit. Masyarakat pun aktif terhadap sistem politik secara komprehensif. Selain itu, masyarakat juga aktif terhadap struktur dan proses politik serta administratif (aspek input dan output sistem politik).
  3. Anggota masyarakat bersikap partisipatif terhadap objek politik (tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi).
  4.  Masyarakat berperan sebagai aktivis.
Jelaskan budaya ciri-ciri budaya politik parokial,budaya politik kaula dan subjek serta budaya politik partisipan? 4.5 5 k Sunday, June 7, 2015  Budaya politik parokial mempunyai ciri-ciri sebagai berikut. Frekuensi orientasi terhadap sistem sebagai objek umum, objek-objek input, o...


1 comment:

  1. Terima kasih atas informasinya tentang budaya politik, sangat membantu untuk mengerjakan tugas sekolah

    Jangan lupa kunjungi juga Budaya Politik Partisipan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.