Contoh lembaga swadaya masyarakat yang berkecimpung di bidang penanggulangan korupsi dan Strategi penggalangan keikutsertaan masyarakat?

 on Wednesday, June 3, 2015  

Contoh lembaga swadaya masyarakat tersebut adalah sebagai berikut.
1) Indonesian Corruption Watch (ICW) atau disingkat ICW merupakan sebuah organisasi nonpemerintah (NGO) yang mempunyai misi untuk mengawasi dan melaporkan kepada publik mengenai aksi korupsi yang terjadi di Indonesia. ICW lahir di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1998 di tengah-tengah gerakan reformasi yang menghendaki pemerintahan pasca- Soeharto yang demokratis, bersih, dan bebas korupsi. ICW adalah lembaga nirlaba yang terdiri atas sekumpulan orang yang memiliki komitmen untuk memberantas korupsi melalui usaha-usaha pemberdayaan rakyat untuk terlibat atau berpartisipasi aktif melakukanperlawanan terhadap praktik korupsi.
 
2) Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) adalah sebuah organisasi 
internasional yang bertujuan memerangi korupsi politik. Organisasi yang didirikan di Jerman sebagai organisasi nirlaba ini sekarang menjadi organisasi nonpemerintah yang bergerak menuju organisasi yang berstruktur demokratik.

Strategi penggalangan keikutsertaan masyarakat itu dijabarkan dalam sejumlah kegiatan berikut.
  1. Pengembangan dan pelaksanaan kampanye anti korupsi nasional yang terintegrasi dan diarahkan untuk membentuk budaya antikorupsi.
  2. Pengembangan hubungan kerja sama antara KPK dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan, sosial, keagamaan, profesi, dunia usaha, swadaya masyarakat (LSM), dan lain-lain disertai dengan perumusan peran masingmasing dalam upaya pemberantasan korupsi.
  3. Pengembangan data base profil korupsi.
  4. Pengembangan dan penyediaan akses kepada publik terhadap informasi yang berkaitan dengan korupsi.
  5. Pengembangan hubungan kerja sama antara KPK dengan mitra pemberantasan korupsi di luar negeri secara bilateral maupun multilateral.

Contoh lembaga swadaya masyarakat yang berkecimpung di bidang penanggulangan korupsi dan Strategi penggalangan keikutsertaan masyarakat? 4.5 5 k Wednesday, June 3, 2015 Contoh lembaga swadaya masyarakat tersebut adalah sebagai berikut. 1) Indonesian Corruption Watch (ICW) atau disingkat ICW merupakan sebuah...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.