Sebutkan 3 kelompok fungsi negara dan jelaskan pandangan hidup bernegara yang melandasi pembentukan negara-negara di dunia?

 on Saturday, May 30, 2015  

Ada tiga kelompok fungsi negara.
  1.  Negara harus memberikan perlindungan kepada para penduduk dalam wilayah tertentu, meliputi perlindungan terhadap ancaman dari luar dan dalam negeri serta perlindungan terhadap bahaya dalam negeri, termasuk bahaya lalu lintas.
  2. Negara mendukung atau langsung menyediakan berbagai pelayanan kehidupan masyarakat dalam bidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan.
  3. Negara menjadi wasit yang tidak memihak antara pihak-pihak yang bersengketa di masyarakat serta menyediakan suatu sistem peradilan yang menjamin keadilan dalam hubungan sosial masyarakat.
Berikut beberapa pandangan hidup bernegara yang melandasi pembentukan negara-negara di dunia.
1) Individualisme
Menurut paham individualisme, negara mempunyai fungsi memelihara serta mempertahankan keamanan serta ketertiban individu dan masyarakat. Negara dan aparatur negara hanya ditugaskan untuk menjaga agar individu tidak diganggu keamanan dan ketertibannya dalam hidup, kebebasan, serta miliknya.
 
2) Anarkisme
Anarkisme dalam bahasa Yunani, anarchis, berarti ’tanpa pemerintah’. Anarkisme ialah penyangkalan terhadap negara serta pemerintah. Menurut anarkisme, kodrat manusia ialah baik serta bijaksana. Untuk menjamin keamanan, ketertiban, dan mengusahakan kesejahteraan masyarakat, manusia tidak perlu negara serta pemerintah. Semua hal dapat dicapai sendiri oleh  para individu dalam perhimpunan-perhimpunan yang dibentuk secara sukarela. Negara sebagai organisasi tidak diperlukan.
 
3) Sosialisme
Sosialisme ialah semua gerakan sosial yang menghendaki campur tangan  negara yang seluas mungkin dalam bidang perekonomian. Fungsi negara harus diperluas hingga tidak ada lagi aktivitas sosial yang tidak diselenggarakan oleh negara. Semua aktivitas negara ditujukan untuk mencapai pemenuhan kesejahteraan bersama.
Sebutkan 3 kelompok fungsi negara dan jelaskan pandangan hidup bernegara yang melandasi pembentukan negara-negara di dunia? 4.5 5 kang rohmat Saturday, May 30, 2015 Ada tiga kelompok fungsi negara.  Negara harus memberikan perlindungan kepada para penduduk dalam wilayah tertentu, meliputi perlindungan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.